Senin, 10 Desember 2007

AWAL_ku ber-TDA



Dengan semangat 45 to be Action......
tanpa konsep apa lagi research :) dengan PD nya aku langsung mencoba memproduksi cloth bag groceries sebagai produk peduli global warming issue................ setelah sma ok dari pemilihan jenis kain, design produk yang simply mobile (ciye) ampe tahap produksinya dll.....

belum lagi impianku untuk terjun di bidang perawatan kecantikan (spa), walau ada kemajuan aku udah punya konsep, market yg niche, jalur maketingnya kayak apa dll.......

tak di nyana aku membaca suatu millis yang rada beda dari millis2 iklan yang ku baca selama ini. tembus sana tembus sini...ternyata sebuah komunitas virus!!!!! HUB... baca dan baca analisa dan analisa.....dan bermodal asas .... to follow the path, look to the master, follow the master, walk with the master, see through the master, become the master...... ( Riza @ Solo)

ternyata to be fist Action.......langkahku di awal tadi ternyata lumayan keliru (hikss...)
dengan memproduksi suatu produk kita kudu memperhitungkan modal, biaya produksi, biaya marketing, blom lagi menentukan HPP....teyus menentukan jalur distribusinya mo model apa dll. lah kapan aku mulainya???????

untuk memotong semua jalur yang panjang itu dan berpegang dari contoh2 para sesepuh..... aku ngambil kesimpulan; be distributor-or supplier for my fist action .... jadi HPP ya udah ditangan selanjutnya merancang link/networking untuk memasarkan produk tsb. (lebih kurang minta maaf)

berlatar belakang pekerjaan ku yang kemarin.........
kabupaten sumbawa barat (NTB) yg kaya akan mineral tambang juga kaya akan berbagai jenis batu alam. alhamdulillah produksinya sudah dimulai.......kemarin aku menghub. temen2 di sana dan ok!!, alhamdulillah aku dipercaya u' memasarkan batu alam untuk wilayah indonesia barat dan sekitarnya.

langkah selanjutnya.......(hi3 kudu berguru sama siapa yach?????)
yang penting PD aja lagi......yang penting Action!!!!

sekarang aku lagi pingin buat web yang menarik, eye catching dan simple.(mas seta bisa bantu?)
terus kudu ikut pameran2.......
terus u' home base ....... hem bentar dulu deh :)
hi3 kynya musti buat PT. or CV. yach?????? (buat nyari kredit)
terus........kudu GAULLLLL
terus.......byk belajarrrrr
terus.......byk tanya
terus.......byk temen
terus........
terus..........

3 komentar:

No Body mengatakan...

Wow pernah di Sumbawa Besar ya? Banyak produk dan komoditas pertanian di sana yang bisa digarap Mbak.

Awal September lalu saya baru dari sana dan ketemu dengan FOBLIK (Forum Pemasaran Bersama Lintas Kecamatan)

U_me mengatakan...

foblik??? yang di sumbawa besar? udah pernah ke sumbawa baratnya belom??? kalo yang di sumbawa baratnya aku lumayan lebih tau. kalo soal komoditas pertanian di sana masih banyak peluang, kalo yang lagi di garap serius adalah budidaya rumput laut. pasarnya udah ada (industri kapsul ruput laut)berapa aja mereka terima, yang garap juga udah mulai di sosialisasikan, informasi yg terakhir bosku (PERUSDA) lg hunting alat pengolah/ penggiling rumput laut (biar harga jualnya lebih tinggi) kalo berkenan nanti tak sambungin ama mantan bos ku itu. beliau mantan dirut printing jawa pos......

Anonim mengatakan...

Ya Mbak. FOPBLIK itu difasilitasi oleh YSLPP dan juga didukung Distan, Disindag dan Dinas koperasi.